Pesona Kaki Bukit di Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Pesona Kaki Bukit di Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo terletak di Dusun Brangah Desa Negororejo Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Air Terjun ini memiliki tinggi 200 meter yang berdasarkan cerita masyarakat setempat digunakan sebagai tempat peristirahatan terkahir mahapatih dari kerajaan Majapahit yang terkenal dengan sumpah palapanya, yaitu Gajah Mada.

Air Terjun Madangkaripura berada di kaki bukit pegunungan Tengger. Perjalanan menuju lokasi wisata ini ditemani dengan hamparan pemandangan menghijau nan asri dengan hawa yang lembab khas aroma pegunungan. Sementara itu, tampak dari kejauhan sebuah panorama nan elok dari lembah dan gundukan perbukitan yang tak akan pernah habis sejauh mata memandang.

Wisata Sejarah Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Madakaripura merupakan tanah perdikan yang diberikan oleh raja kerajaan Majapahit sebagai penghargaan kepada Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara dengan sumpahnya yang dikenal dengan  sebutan Sumpah Palapa. Yang mana isi dari sumpah palapa yang terkenal tersebut adalah:

Isi Sumpah Palapa

Sira Gajah Mada pepatih amungkubumi tan ayun amukti palapa. Sira Gajah Mada : Lamun huwus kalah nusantara insung amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa.

Artinya :

Gajah Mada tidak akan memakan buah kelapa ( kemewahan) sebelum beliau bisa mempersatukan bumi pertiwi. Disebutkan juga dalam hal ini adalah kerajaan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, dimana beberapa kerajaaan tersebut kala itu masih terpecah belah belum bersatu

Dalam politik Kerajaan Majapahit, Gajah Mada dikenal sebagai sosok yang cerdas. Ia berhasil menumpas pemberontakan Ra Kuti yang membuatnya terpilih menjadi patih Amangkubhumi.

Keindahan Air Terjun Madakaripura Probolinggo.

Kembali ke pembahasan tentang keindahan destinasi wisata air terjun madakaripura. Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun paling tinggi di pulau Jawa dan tertinggi ke dua di Indonesia. Air terjun ini memiliki bentuk ceruk yang dikelilingi oleh bukit – bukit kecil dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tetesan air terjun pada bidang tebing bukit akan menyajikan sebuah pemandangan layaknya hujan gerimis. Saat cuaca cerah, sinar matahari yang menembus masuk kawasan wisata ini akan menampilkan sebuah pelangi yang indah.

Akses Menuju Air Terjun Madakaripura Probolinggo Rute dari Surabaya.

Dari kota Surabaya bisa langsung menuju Kec. Lumbang Kabupaten Probolinggo lewat jalur kereta atau bus Pasuruan – Probolinggo. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Desa Negororejo dengan menggunakan bus dengan harga tiket Rp.35.000 dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Sesampai di Desa Negororejo, para pengunjung dapat meminta bantuan warga setempat untuk sampai ke lokasi air terjun

Rute dari Terminal Bus Antar Kota Probolinggo

Perjalanan ke lokasi wisata menggunakan jalur ini akan terasa lebih nyaman. Di terminal bus antar kota Probolinggo, para pengunjung dapat menggunakan armada angkutan umum ( bus ) jurusan Lumbang – Bromo lalu turun di kecamatan lumbang dengan harga tiket 25 – 35 ribu dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan armada angkutan umum atau bisa menggunakan jasa rental mobil menuju lokasi Air Terjun Madangkaripura dengan biaya sewa 100 sampai 150 ribu ( PP sudah termasuk bensin dan sopir ) dengan waktu tempuh 20 – 40 menit.

Untuk dapat masuk ke kawasan air terjun, para wisatawan wajib untuk membeli tiket masuk seharga Rp.5.000 per orang

Air Terjun Madakaripura Probolinggo memiliki keindahan alam dengan panorama kaki bukit pegunungan dengan hawa udara yang lembab. Cerita sejarah yang tersimpan di kawasan wisata ini akan memberikan wawasan lebih luas kepada para wisatawan akan cerita warisan budaya Indonesia. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this: