Skip to main content

follow us

Pantai Klayar terletak sekitar 40 kilometer dari daerah Pacitan Jawa Timur yang berbatasan dengan kecamatan Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki keindahan batu karang dan pasir putih yang dikelilingi oleh tebing – tebing batu. Wilayah pantai ini identik dengan jalanan berliku yang dihiasi dengan bukit – bukit dan gua – gua kecil yang menyuguhkan bentuk stalaktit dan stalakmit yang dapat dilihat dari pinggir jalan.

Pantai Klayar memiliki garis pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh hijau pohon kelapa. Keindahan pantai ini dapat dilihat dari puncak bukit kecil yang ada di pinggir pantai. Pantai Klayar memiliki sebuah fenomena yang unik. Pantai ini memiliki sebuah celah di antara batu karang yang akan menyuguhkan pemandangan air mancur raksasa kala celah tersebut dihantam dengan ombak yang sangat besar.

Pesona Keindahan Pantai Klayar Pacitan.

Pantai Klayar dikenal sebagai salah satu kawasan wisata alam terbaik yang ada di provinsi Jawa Timur. Selain keindahan pasir putih dan biru air, Pantai ini juga dapat memberikan sebuah pemandangan air mancur dengan ketinggian hingga 10 meter yang disertai dengan bunyi yang menyerupai siulan yang sering disebut dengan Seruling Laut. Di sisi timur pantai, para wisatawan dapat menyaksikan sebuah kekokohan karang raksasa yang menyerupai patung Sphinx.

Pantai Klayar dikenal memiliki ombak yang sangat besar dengan air yang sangat jernih. Hamparan pasir putih kian istimewa dengan hiasan pohon kelapa dan lincak yang beratapkan daun kering, nan berdiri tegak di bibir pantai. Suasana alam yang sejuk dengan hamparan laut biru akan membuat para pengunjung semakin betah untuk tinggal lebih lama di kawasan ini.

Sebuah pemandangan matahari terbenam dari sisi barat pantai akan menyuguhkan sebuah keindahan alam yang tak terlupakan. Para pengunjung dapat melihat transformasi langit biru menjadi jingga yang perlahan menghilang dan berubah menjadi awan yang gelap dengan hiasan cahaya bintang.

Aktivitas Di Seputaran Wilayah Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan merupakan wisata alam yang menyajikan sejuta keindahan. Biru laut dengan ombak yang besar menjadikan kawasan ini sebagai destinasi turis asing untuk berselancar. Para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut Pantai Klayar. Wisatawan akan menyaksikan sebuah keindahan bawah laut dengan barisan karang – karang yang masih sangat alami yang dikelilingi oleh ikan – ikan kecil beragam warna. Selain itu, para pengunjung juga akan melihat hamparan kerang molusca dan bintang laut di atas rumput laut yang menutupi bagian terumbu karang.

Suasana pagi hari di kawasan pantai ini akan menyuguhkan hawa segar yang berpadu dengan hangat matahari. Banyak turis asing memanfaatkan waktu tersebut untuk bermandikan matahari atau hanya sekedar jalan – jalan kecil sambil menikmati keindahan hamparan pasir putih.

Akses Menuju Pantai Klayaran Pacitan

Pantai Klayar terletak sekitar 40 kilometer dari kota Pacitan, Jawa Timur. Belum ada jasa angkutan umum yang dapat digunakan sebagai akses menuju pantai ini. Para wisatawan dapat menggunakan jasa agensi perjalanan atau menggunakan jasa rental mobil untuk sampai ke lokasi wisata.

Rute dari kota Yogyakarta

Jika berangkat dari kota Yogyakarta, Para pengunjung dapat menggunakan jalur melalui Wonosari di Gunung Kidul dengan rute Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.

Rute Dari Kota Solo

Jika berangkat dari kota Solo, pengunjung bisa mengambil rute dari kecamatan Pracimantoro menuju pertigaan Giribelah yang dilanjutkan dengan mengambil arah kanan jalan menuju perempatan Kalak hingga tiba di Pantai Klayar dengan waktu tempuh dari Kalak sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk dapat masuk ke kawasan pantai, para pengunjung wajib membeli tiket masuk sebesar Rp.3.000 per orang / Dewasa dan Rp.2.000 per orang / anak – anak.

Kesimpulan

Pantai Klayar menyuguhkan sejuta panorama keindahan alam yang memukau serta membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati segala pesonanya. Hamparan pasir putih yang diselimuti dengan barisan hijau pohon kelapa memancarkan kesegaran alam nan asri yang semakin menyempurnakan pesona keindahan alam, andalan kota Pacitan ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar