Pulau Komodo, Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Pulau Komodo, Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Ingin melihat hewan purba yang memiliki bentuk fisik seperti layaknya kadal raksasa tetapi merupakan hewan karnivora? Tidak usah jauh-jauh karena Indonesia punya satu tempat dimana Anda bisa memuaskan keinginan Anda tersebut. Iya, dimana lagi selain di Pulau Komodo, Nusa tenggara. Anda akan dapat melihat dengan puas para komodo dengan ukuan panjang rata-rata 2 hingga 3 meter berkeliaran bebas di Pulau ini.

Lokasi Pulau Komodo

Pulau Komodo ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, yakni diantara Nusa Tenggara Barat, Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Pulau Komodo ini juga menjadi anggota dari Taman Nasional Komodo bersama Pulau Padar dan pulau Rinca serta beberapa pulau-pulau kecil lainnya.

Taman Nasional Komodo ini didirikan pada tahun 1980 dengan tujuan untuk melindungi komodo dari kepunahan dan oleh UNESCO sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia.

Tak hanya itu, keeksotisan yang dimiliki oleh Pulau Komodo bahkan menjadikan pulau ini sebagai salah satu New 7 Wonders of Nature untuk melengkapi keenam tempat wisata yang menyandang gelar yang sama, yakni Pulau Jeju, Hutan Amazon, Table Mountain, Air Terjun Iguazu, Sungai Bawah tanah Puarto Princesa dan Teluk Halong.

Berbagai Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan Saat di Pulau Komodo

Melakukan Tracking
Pulau Komodo tak hanya menyajikan hewan komodo sebagai pemandangan utamanya, tetapi juga memberikan panorama alam yang indah dan asri serta beberapa hewan lainnya seperti kuda, rusa, biawak, ular dan beberapa hewan lainnya.

Untuk menikmati hal tersebut, Anda bisa melakukan tracking  yang ditemani pemandu atau yang biasa disebut dengan pawang komodo atau jagawana. Jagawana ini tak hanya memandu Anda untuk berkeliling mengitari Pulau Komodo, tetapi juga akan melindungi Anda sebagai pengunjung supaya terhindar dari serangan komodo.

Tak hanya ditemani oleh jagawana, Anda juga akan dibekali dengan sebuah tongkat yang memiliki dua cabang di ujungnya yang berguna untuk melumpuhkan komodo ketika hewan buas ini tiba-tiba mengejar atau menyerang. Cara menggunakannya adalah cukup menekan leher komodo dengan menggunakan ujung tongkat yang memiliki 2 cabang tersebut.

Satu titik yang akan dilewati ketika melakukan tracking ini adalah tempat komodo beristirahat dan minum yang disebut dengan water hole.

Mengunjungi Pantai

Selain bisa melakukan tracking Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai yang ada di Pulau Komodo ini. Pantai di Pulau Komodo ini tak hanya indah, tetapi seolah sudah menjadi arena bermain para komodo karena memang banyak komodo yang berkeliaran di pantai.

Salah satunya adalah Pantai Pink atau Pink Beach. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah muda atau pink, tetapi masyarakat disekitarnya menyebut pantai ini dengan pantai merah.

Hal yang Sebaiknya tidak Dilakukan saat di Pulau Komodo

Sekalipun komodo ini merupakan hewan kanibal dan pemakan daging atau karnivora, Anda tetap bisa mengunjungi Pulau Komodo ini dengan aman dan tenang, asalkan Anda memperhatikan beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat Anda berada di Pulau Komodo. Diantaranya seperti yang tercantum di bawah ini:

a. Jangan memisahkan diri dari rombongan dan jagawana karena komodo akan menyerang mangsa yang terlihat sendirian. Apalagi hanya jagawana saja yang paham betul dengan medan rute perjalanan di Pulau Komodo dengan baik

b. Jangan merokok ataupun menyalakan api di Pulau Komodo karena pulau ini merupakan pulau yang tandus dan gersang sehingga jika Anda merokok di pulau ini sangat berpotensi menyebabkan kebakaran, apalagi jika Anda dengan nekat menyalakan api.

c. Bagi wanita yang sedang haid juga sebaiknya tidak mendatangi Pulau Komodo karena komodo memiliki indera penciuman yang tajam bahkan sampai beberapa kilometer jauhnya. Namun jika tiba-tiba di tengah-tengah Pulau Anda mengalami haid, sebaiknya segera melapor pada jagawana

d. Jangan berisik, jangan panik, jangan berbuat gaduh dan jangan memakai parfum yang menyengat saat Anda tiba di Pulau Komodo, karena hal tersebut malah akan membuat komodo merasa terganggu

e. Sebaiknya Anda tidak menggunakan pakaian yang berwarna merah karena komodo malah akan terpancing untuk mengejar Anda nantinya

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai Pulau Komodo. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan mental Anda sebelum Anda mengunjungi pulau eksotis di Kepulauan Nusa Tenggara ini. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this: