Skip to main content

follow us

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah Danau Toba, yang ada di Sumatera Utara. Danau ini terletak di perbatasan kabupaten Lampung Barat di provinsi Lampung dan Kabupaten Oku Selatan, Sumatera Selatan. Kawasan wisata ini sangat luas dan indah dengan hawa udara sejuk di sekitarnya. Tak heran banyak pengunjung yang datang ke sana untuk menikmati liburan mereka di akhir pekan.

Danau Yang Terbentuk Dari Letusan Gunung Vulkanik

Kota Palembang juga memiliki kawasan wisata danau yang indah. Danau ranau yang terletak di kabupaten OKU selatan menjadi salah satu wisata andalan kota pempek tersebut. Danau ini memiliki luas 125.9 kilometer dengan kedalaman 174 meter. Banyak wisawatan yang terpukau dengan panorama yang dihasilkan oleh danau yang terbentuk dari goncangan gempa bumi  dengan letusan gunung vulkanik yang baru diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Lampung Barat ini.

Memancing Di Tepi Danau Ranau

Memancing merupakan salah satu hobi yang dapat anda lakukan saat berkunjung ke Danau Ranau. Anda dapat memancing di tepi danau bersama para nelayan yang ada di sana. Letak geografis danau yang berada di daerah perbukitan yang berlembah semakin menambah sensai wisata anda. Jenis ikan yang ada di danau itu pun sangat beragam. Anda bisa mendapatkan ikan mujair, harongan dan jika beruntung, anda akan mendapatkan ikan mas dengan ukuran yang sangat besar.  Hasil tangkapan ikan bisa langsung anda bakar di tepi danau.

Keindahan Pulau Marisa Di Tengah Danau Ranau

Keindahan Danau Ranau tak kalah dari eskotika Danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Jika di tengah danau toba ada pulau samosir, maka anda dapat menemukan Pulau Marisa di tengah Danau Ranau. Anda dapat menggunakan fasilitas perahu yang ada di sana untuk sampai ke tengah danau. Keindahan di sekitar pulau Marisa sangat indah. Hawa sejuk dengan pohon – pohon hijau membuat tempat ini sangat asri. Selain itu anda juga bisa menikmati sumber air panas dengan kandungan sulfur yang ada di Pulau Marisa. Ini semakin menjadikan kenangan wisata anda kian berharga. Kawasan sumber panas ini menjadi tempat pemandian yang berkunjung ke sana.

Lokasi dan Akses Menuju Danau Ranau

Lokasi tempat wisata Danau Ranau sangat jauh dari pusat kota Palembang. Danau ini terletak di perbatasan provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan. Dari bandara internasional kota palembang, anda membutuhkan waktu tempuh sekitar tujuh sampai delapan jam perjalanan dengan jasa transportasi umum rute Palembang – Prabumulih – Baturaja – Muara Dua dengan harga tiket 250 sampai 300 ribu rupiah. Jika ditempuh dari Lampung, anda bisa menggunakan rute Bandar Lampung – Kota Bumi – Bukit Kemuning – Liwa – Kota Batu – Suka Marga dengan waktu tempuh enam sampai tujuh jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk dapat menikmati keindahan danau ini, anda diwajibkan membayar retribusi sebesar 1000 sampai 4000 ribu rupiah.

Akomodasi Di Sekitar Danau Ranau

Keindahan Danau Ranau dapat anda nikmati di malam hari. Di sekitar danau terdapat sebuah hotel bintang tiga dengan fasilitas yang mewah. Harga hotel lumayan murah sekitar 100 sampai 150 ribu per malam. Selain itu anda juga bisa menggunakan jasa sewa kamar penduduk sekitar dengan harga 30 ribu per malam.

Bagi anda yang sudah ke Danau Toba, wajib untuk mengunjungi Danau Ranau yang ada di Sumtera Selatan ini. Sumber air panas dan hawa udara yang sejuk semakin memanjakan diri dan membuat anda betah saat berkunjung ke sana.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar