Skip to main content

follow us

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Pulau Lombok juga dikenal sebagai tempat wisata religi. Masyarakat Hindu dan suku sasak masih mendominasi kepulauan bagian timur Indonesia ini. Walaupun banyak masyarakat asing yang sudah tinggal di pulau Lombok, tradisi kebudayaan sasak masih sangat terasa dan dan terus di jaga, bahkan merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Tradisi Wetu Telu

Tradisi Wetu Telu merupakan salah satu tradisi suku sasak yang banyak menyita perhatian kaum wisata manca negara. Tradisi ini dilakukan untuk menghornati Dewi Enjeni yang mendiami Gunung Rinjani yang berada di pulau Bali.

Pura Batu Bolong merupakan Pura yang digunakan masyarakat Hindu yang ada di Pulau Lombok sebagai tempat ibadah. Lokasi pura ini sangat dekat dengan pantai Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat. Sekilas, Pura ini mirip dengan pura yang ada di tanah lot Bali yang berdiri tegak diatas karang dekat pantai. Nama Batu Bolong diambil oleh masyarakat sekitar karena keberadaan pura yang berada diatas karang hitam dan terdapat bagian bolong ditengahnya.

Atmosfer Spiritual Pura Batu Bolong Lombok

Pura Batu Bolong Lombok memiliki desain yang hampir sama dengan pura yang ada di Bali. Hal ini sangat menunjukkan bahwa pengaruh budaya Hindu sangat besar di dua pulau dengan ragam wisata pantai tersebut. Pulau Batu Bolong identik dengan perjalanan spiritual pendeta Hindu dari Jawa Timur Dang Hyang Dwijendra ke pulau Lombok. Bagi masyarakat Hindu di sana, Pura Batu Bolong memiliki atmosfer spiritual yang bisa memberikan ketenangan serta kedamaian bagi umat yang bersembahyang di pura ini

Menikmati Terbenamnya Matahari Di Pura Batu Bolong

Banyak para wisatawan yang berkunjung ke Pura ini untuk menikmati proses terbenamnya sinar matahari. Anda akan melihat perubahan perubahan warna langit menjadi kuning kemerah-merahan. Ini menjadi waktu yang paling ditunngu bagi para pengunjung yang ada di sana. Pengambilan gambar atau foto dengan latar belakang matahari terbenam menjadi kenangan indah liburan anda di pura ini

Keindahan Panorama Sekitar Pura Batu Bolong

Keindahan panorama Pura Batu Bolong sering disandingkan dengan keindahan pura yang ada di pulau Bali. Hal ini sangatlah wajar mengingat letak Pura Batu Bolong yang sama – sama diatas karang dengan bentuk bangunan yang menjorok ke arah laut. Arah pura yang menghadap ke laut menjadi tempat yang digunakan untuk menikmati keindahan ombak pantai senggigi. Selain itu, Letak Pura Batu Bolong yang menghadap ke Selat Lombok memberikan keuntungan bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan Gunung Agung yang ada di Bali.

Akses Menuju Pura Batu Bolong Lombok.

Pura Batu Bolong terletak 12 kilometer dari pusat kota Mataram. Akses dari bandara dengan menggunakan transporatasi umum membutuhkan waktu hingga 1,5 jam untuk sampai ke lokasi pura.

Selain menikmati pengalaman spiritual yang ada di Pura, anda juga bisa menikmati langsung keindahan ombak di pesisir pantai ditemani dengan langit jingga menuju senja.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar