Skip to main content

follow us

Pulau Kemaro merupakan salah satu objek wisata terbaik yang ada di Palembang. Pulau ini terletak lebih kurang 40 kilometer dari kota Palembang yang berada di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya, Pertamina Plaju dan Sungai Gerong  tepat di tengah perairan Sungai Musi. Pulau Kemaro juga dikenal sebagai tempat rekreasi dengan keelokan klenteng Hok Tjing Rio yang sering digunakan sebagai pusat perayaan Cap Go Meh setiap tahun baru Imlek.

Wisata Sejarah dan Budaya Di Pulau Kemaro Palembang

Setiap kawasan wisata punya cerita atau sejarah tersendiri. Begitu pun dengan kawasan wisata pulo kemaro yang ada di kota pempek, Palembang. Anda akan menemukan sebuah makam Putri Raja Palembang dan serta makam pangeran Tan Bun An yang dibuat secara berdampingan di sekitar pulau ini. Berdasarkan legenda dari masyarakat Palembang. Makam tersebut merupakan sebuah penghormatan yang dibuat untuk mengenang kisah romansa Siti Fatimah yang merupakan Putri Raja Palembang dan Tan Bun An yang merupakan saudagar kaya asal negara Cina.

Pusat Ibadah di Tengah Perairan Kota Palembang

Pagoda berlantai sembilan yang berada ditengah – tengah kawasan pulau ini menjadi pusat perhatian para wisatawan. Bangunan yang dibangun pada tahun 2006 ini sangat indah. Kawasannya bersih dan tertata rapih. Selain itu, bangunan ini juga dilengkapi dengan dua patung di pintu masuk anak tangga. Selain pagoda, anda juga dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan kelnteng Hok Tjing Rio atau sering disebut dengan Kelnteng Kuan Imm yang dibangun pada tahun 1962.

Di dalam klenteng, tedapat makam Pangeran Tan Bun An dan Putri Raja Palembang, Siti Fatimah. Pada setiap perayaan Cap Go Meh tepatnya pada bulan Februari, banyak wisatawan asing dari negara – negara lain seperti Malaysia, Cina, Hong Kong, Taiwan atau pun warga negera lain dengan darah keturunan etnis Tiong Hoa berkunjung ke pulau ini untuk melakuan ibadah serta berizarah ke makam pangeran Tan Bun An serta Putri Siti Fatimah sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur.

Pohon Cinta Di Tengah Pulau Apung Perairan Kota Musi

Pulau Kemaro juga dikenal sebagai pulau kemarau atau pulau yang kering. Pasalnya, Selebat apapun hujan yang terjadi di kota palembang yang menyebabkan luapan air Sungai Musi semakin tinggi, Pulau ini tetap terapung dan tidak pernah tenggalam. Bahkan tidak ada sedikit pun luapan air dari Sungai Musi yang memasuki wilaayah pulau ini. Semua wilayah masih tampak seperti biasa dan kelihatan kering seperti masa musim kemarau.

Di sela kekeringan yang ada di pulau kemaro, ada juga bisa menikmati pemandangan hijau dan kerindangan dari Pohon Cinta. Pohon Cinta ini melambangan ritus kisah cinta pangeran Tan Bun An dan putri Siti Fatimah. Berdasarkan mitos masyarakat setempat, jika ada sepasag kekasih yang mengukir nama mereka di pohon ini, maka hubungan mereka akan sampai ke jenjang pernikahan.

Akses Menuju Pulau Kemaro Palembang

Jika anda pendatang dari luar Palembang, anda bisa menggunakan jasa taksi atau sewa kendaraan dari bandara menuju Benteng Kuto Besak ( BKB ). Harga sewa mobil untuk sekali jalan dari bandara menuju Benteng Kuto Besak ( BKB ) berkisar 150.000 sampai 200.000 rupiah. Di sekitar BKB anda sudahg bisa sedikit menikmati beberapa kawasan wisata palembang yang terdekat diantaranya BKB itu sendiri dan restaurant apung yang ada dipinggiran Sungai Musi tepat di depan Bangunan BKB. Setelah itu, anda tinggal mencari jasa sewa perahu ketek menuju Pulau Kemaro, tarifnya sekitar 100.000 sampai 150.000 per orang. Khusus pada saat perayaan Cap Go Meh, biasanya tarif sewa ketek berkisar 200.000 rupiah per kepala.

Palembang BARI, itu lah slogan kota pempek Palembang. Tata Kota yang rapih dan bersih menjadikan kota Palembang menjadi salah satu kota yang padat dengan pengunjungnya. Selain itu, kisah sejarah dan budaya kerajaan Sriwijaya sangat terasa di beberapa kawasan wisata yang ada di kota ini. Salah satunya adalah Pulau Kemaro yang sangat kental menggambarkan budaya tiong hoa yang didampingi dengan kisah cinta Putri Raja Sriwijaya. Bagi anda yang mau beribadah sekaligus melakukan wisata, Pulau Kemaro wajib masuk dalam agenda tujuan anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar