Mengintip Pesona Sungai Musi

Mengintip Pesona Sungai Musi

Berbicara mengenai sungai di Palembang, tentunya nama sungai Musi merupakan salah satunya. Bahkan sungai Musi merupakan salah satu sungai paling populer di Indonesia. Jadi buat anda yang sedang berkunjung ke kota Palembang, tentunya sangat di sayangkan jika tak menyempatkan diri melihat pesona sungai Musi.

Sungai ini membagi dua kawasan Palembang menjadi Seberang Ilir di Utara dan Seberang Ulu di Selatan. Sungai Musi selalu identik dengan Jembatan Ampera dan tak bisa dipisahkan. Ini telah menjadi citra dari Sumatera Selatan. Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan lebar 500 m.

Sungai Musi memiliki nama lain yaitu Batanghari Sembilan yang artinya  Sembilan sungai besar. Yang berarti adalah Sungai Musi dan delapan sungai lainnya memiliki pusat muara di sungai Musi. Kedelapan sungai tersebut yaitu, Sungai Komering, Sungai Leko, Sungai Rawas, Sungai Lematang, Sungai Lakitan, Sungai Kelingi, Sungai Ogan dan Sungai Sumangus.

Dan ditengah – tengah sungai Musi membentang sebuah jembatan yang populer  dengan julukan Jembatan Ampera. Bahkan, jembatan Ampera ini di yakini merupakan salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan Ampera didirikan pada April tahun 1962 dengan persetujuan dari Presiden Soekarno. Sebelum memiliki nama Jembatan Ampera, jembatan ini dulunya bernama Jembatan Bung Karno.  Pergantian nama jembatan itu terjadi setelah terjadi pergolakan politik pada sekitaran tahun 1966


Mulanya, sistem pada Jembatan Ampera menggunakan sistem kontrol naik – turun. Sistem ini dibuat karena Sungai Musi adalah jalur perdagangan utama yang menggunakan jalur laut. Akan tetapi, dengan berjalannya waktu pada tahun 1970, sistem kontrol naik – turun itu di hapus, karena justru menganggu lalu lintas di darat hingga menyebabkan kepadatan/macet. Serta pertimbangan lainnya, sistem kontrol naik – turun ini di rasa tidak efektif karena dibutuhkan waktu kira – kira 30 menit untuk mengangkat Jembatan Ampera.

Lokasi dan Transportasi

Sungai Musi dan Jembatan Ampera terdapat di jantung Kota Palembang, Sumatera Selatan. Transportasi yang dapat anda gunakan untuk melihat Sungai Musi dan Jembatan Ampera ada jalur udara, jalur darat dan jalur perairan.

Untuk menikmati pesona Sungai Musi dan Jembatan Ampera, pastinya anda tak perlu khawatir dengan biaya, karena untuk menikmati pesona keduanya tak ada biaya sama sekali alias gratis dan tentunya bisa kapan saja didatangi untuk menikmatinya.

Fasilitas dan Akomodasi

Bagi wisatawan  yang berasal dari luar kota, anda tak perlu khawatir karena ada banyak penginapan yang tersedia. Dan untuk urusan kuliner, anda dapat menikmati berbagai makanan yang nikmat seperti pempek, mie celor, ataupun bakso.

Objek Wisata

Palembang merupakan salah satu kota yang memiliki segudang cerita dan peninggalan sejarah tentang Indonesia. Terlebih pesona jembatan ini di malam hari yang begitu mempesona. Terdapat banyak kerlap kerlip lampu yang menghiasi tempat wisata ini. Penataan cahaya yang sangat apik membuat Jembatan Ampera  tampak lebih terlihat megah,


Dan selain keindahan di atas, dari atas Sungai Musi, anda bisa menimakti aneka kuliner lezat di Restoran Terapung Riverside dan Restoran Terapung Warung Legenda. Anda juga bisa melihat rumah apung atau rumah sakit yang menjadi salah satu khas Palembang, dan beberapa perkampungan yang bisa anda kunjungi seperti kampong arab.


Yang tak kalah serunya, Anda bisa melihat festival air di Sungai Musi, biasanya diadakan perlombaan menghias perahu dan lomba menyeberang sungai. Oleh karena itu, anda harus datang pada saat festival air di Sungai Musi ini.

You Might Also Like:

Share this: