Skip to main content

follow us

Gunung Dempo merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di perbatasan provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan tepatnya di kota Pagar Alam yang merupakan salah satu penghasil kopi robusta yang cukup terkenal di Indonesia.

Untuk mengunjungi gunung dengan tinggi 3,159 meter di atas permukaan laut ini, anda bisa menggunakan jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 7 jam perjalanan dari kota Palembang. Anda bisa menjadikan Gunung Dempo sebagai salah satu tujuan wisata anda. Pemandangan hijau nan indah dengan udara yang segar menjadi salah satu daya tarik yang di miliki kawasan wisata ini.

Wisata Hiking Ke Gunung Dempo Sumatera Selatan

Bagi anda pecinta Hiking, Gunung Dempo menjadi destinasi yang sangat pas. Lereng Gunung yang tajam yang dikelilingi bukit – bukit hijau menjadi pengalaman seru perjalanan anda. Jalan – jalan setapak dengan akar – akar pohon yang melintang serta kemiringan lembah yang curam semakin menjadi tantangan bagi anda para pecinta Hiking untuk sampai ke Puncak Gunung Dempo. Di sepanjang perjalanan, anda akan menemukan sebuah anak sungai yang mengalir di perbatasan hutan pintu masuk Gunung Dempo. Airnya sangat jernih dan tidak berbau. Air dari sungai kecil tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar atau wisatawan yang datang ke kawasan ini sebagai persediaan air minum.

Keindahan Puncak Kawah Gunung Dempo

Keindahan panorama puncak Gunung Dempo menjadi pusat perhatian bagi para wistawan atau pun para pecinta hiking yang datang ke sini. Banyak tantangan untuk sampai ke puncak gunung dengan ketinggian yang mencapai 3.159 meter. Gunung Dempo memiliki dua puncak. Puncak pertama dinamakan Puncak Api. Dataran menuju puncak pertama memiliki dataran yang masif yang banyak ditumbuhi tanaman hijau rendah mirip dengan tanaman perdu.

Dataran ini penuh dengan hawa belerang yang berasal dari kawah di puncak gunung. Puncak kedua Gunung Dempo adalah kawah gunung berapi aktif yang memilki diameter 100 meter persegi. Dinding di sekitar kawah cukup terjal. Sangat disarankan untuk menggunakan peralatan yang memadai dengan bimbingan dari penjaga di sana untuk bisa sampai ke dasar kawah. Dari kawah ini, anda bisa menikmati pemandangan hamparan provinsi Bengkulu dengan laut Hindia dengan ditemani kicauan burung yang terdengar dalam hiliran angin.

Akses Menuju Gunung Dempo

Lokasi Gunung Dempo terletak 310 kilometer dari sebelah ibukota Sumatera Selatan yaitu Palembang. Para wisatawan atau pun pendatang dapat menggunakan jasa transportasi umum untuk sampai ke gunung ini. Perjalanan bus umum ke terminal Pagar Alam akan membutuhkan waktu 7 jam perjalanan. Sesampai di terminal bus kota Pagar Alam, para pengunjung bisa menggunakan jasa rental mobil atau kendaraan yang ada di sekitar terminal untuk sampai ke Pabrik Teh PTPN III yang berjarak sekitar 15 kilometer dari terminal.

Sebelum naik gunung, para wisatawan atau pun pendatang sangat disarankan untuk bertemu dengan sesepuh Gunung Dempo yang akan membawa para wisatawan menempuh desa Kampung Empat yang terletak di kaki Gunung Dempo dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Setelah itu, baru lah anda dengan bebas menapakan satu per satu kaki anda ke lereng hingga sampai ke kawah puncak Gunung tertinggi di Sumtera Selatan.

Hawa dingin nan sejuk menjadi salah pertimbangan bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan ke daerah pegunungan. Keindahan pemandangan dengan barisan bukit hijau di sekitar lereng Gunung Dempo menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk datang dan berwisata hiking ke gunung ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar