Bukit Siguntang : Wisata Ziarah Makam Raja Palembang

Bukit Siguntang : Wisata Ziarah Makam Raja Palembang

Bukit Siguntang sering disebut dengan nama Bukit Seguntang yang merupakan sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian 29 sampai 30 meter di atas permukaan laut yang terletak 3 kilometer dari tepian Sungai Musi. Kawasan ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di kota Palembang yang menyimpan cerita dan kisah Kerajaan Sriwijaya sehingga sering dijadikan sebagai sarana edukasi oleh pemerintah setempat.

Di atas bukit banyak terdapat makam – makam para tokoh yang dianggap sebagai orang – orang penting yang berperan dalam pendirian Kota Palembang. Selain itu, adanya temuan artefak peninggalan sejarah abada ke 6 dan ke 13 masehi menjadikan kawasan ini sebagai salah satu taman purbakala terbaik yang ada di Indonesia.

Makam – Makam Petinggi Pendiri Kota Palembang

Kawasan Bukit Siguntang memiliki gundukan tanah yang menonjol dengan dipenuhi dengan pepohonan besar. Kawasan wisata Bukit Siguntang sangat asri dan indah. Berdasarkan cerita pemerintah setempat, Bukit Siguntang dipercaya sebagai tempat pemakaman raja, bangsawan serta pahlawan keturunan bangsa melayu dan sriwijaya. Ada  7 makam yang sering dikunjungi para wisatawan yang dianggap sebagai pendiri kota Palembang, diantaranya :

1. Makam Radja Sigentar Alam
2. Makam Putri Kembang Dadar
3. Makam Putri Rambut Selako
4. Makam Pangeran Radja Batu Api
5. Makam Panglima Bagus Kuning
6. Makam Panglima Bagus Karang
7. Makam Panglima Tuan Djundjungan

Makam – makam tersebut masih dianggap tempat sakral dan banyak wisatawan asing yang begitu antusias/tertarik akan cerita sejarah para pahlawan yang berperan penting dalam pembentukan kota Palembang.

Taman Purbakala Di Atas Bukit Siguntang Palembang.

Kawasan Bukit Siguntang dianggap sebagai salah satu tempat penting dalam masa Kerajaan Sriwijaya. Para wisatawan yang berkunjung dapat melihat bukti sejarah berupa temuan artefak peninggalan purbakala dengan unsur Budhisme. Penemuan tersebut menunjukkan bahwa tempat ini sebagai kawasan pemujaan dan keagamaan kerajaan. Beberapa pecahan arca Budha bergaya bergaya Amarawati ditemukan di sekitar lereng bukit pada tahun 1920.

Arca setinggi 277 cm ini langsung menjadi pusat penelitian para sejarahwan pada masa kerajaan Sriwijaya dan dianggap sebagai perkembangan langgam Amarawati abad II sampai abad V yang ada di India.  Selain itu, para wisatawan juga dapat melihat fragmen prasasti batu yang ditulis dalam bahasa Melayu dan Aksara Pallawa yang terdiri dari 21 barisan kalimat yang menceritkan kutukan bagi orang yang melakukan kesalahan.

Wisata Edukasi Bukit Siguntang Palembang

Kota Palembang memang dikenal sebagai kawasan wisata sejarahnya. Salah satunya Bukit Siguntang yang diyakini sebagai salah satu bukti peninggalan masa Kerajaan Sriwijaya. Nilai sejarah di kawasan ini sangat kental. Temuan prasasti, archa Budha serta makam para petinggi raja bisa menjadi bahan edukasi bagi anda dan keluarga. Kawasan wisatawan ini sering dijadikan tempat penelitian para ahli sejarahwan dari luar negeri.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Siguntang Palembang.

Lokasi Wisata Bukit Siguntang palembang terletak di kelurahan Bukit Lama, kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang. Lokasi Bukit Siguntang yang terletak 4 kilometer dari  tengah kota menjadikan akses yang mudah bagi para pengunjung yang ingin datang ke sana. Dari bandara internasional kota Palembang, anda bisa menggunakan taksi menuju lokasi dengan biaya sekitar 150 ribu rupiah. Untuk memasuki kawasan bukit, anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 3000 rupiah.

Objek wisata Bukit Siguntang Palembang sangat cocok bagi anda yang suka akan wisata sejarah. Penemuan purbakala serta makam para raja, selain sebagai sarana hiburan juga bisa menambah wawasan anda akan sejarah dan budaya di kota Palembang Indonesia.

You Might Also Like:

Share this: