Skip to main content

follow us

Provinsi Sumtera Selatan memiliki empat kota dan sebelas kabupaten. Provinsi yang beribukota Palembang ini dikenal sebagai salah satu daerah yang memilki ragam wisata eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ialah di kabupaten Lahat yang terkenal lewat objek wisata bahari Air Terjun Bidadari yang berada di Desa Karang Dalam, Kabupaten Lahat. Air Terjun Bidadari juga dikenal dengan sebutan Air Terjn Ayek Asam.

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dengan ketinggian 30 meter dengan luas lebar bawah sekitar 15 meter dan terletak 16 kilometer dari Kota Lahat atau 231 dari Kota Palembang. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, air terjun ini merupakan tempat pemandian para bidadari. Itulah mengapa nama objek wisata ini populer dengan sebutan Air Terjun Bidadari.

Kesejukan Air Terjun Bidadari Kabupaten Lahat

Anda dapat menikmati pemandangan sekitar air terjun yang ditutupi dengan pohon – pohon besar yang menutupi kawasan tersebut yang menjadikan udara semakin sejuk. Suara air terjun yang diiringi dengan suara alam khas hutan menjadi daya tarik objek wisata ini. Selain itu, anda juga dapat merasakan kesejukan air terjun ini dengan cara berendam. Sensasi kesegaran air terjun akan membuat badan anda terasa lebih segar. Airnya sangat bersih dan tidak berbau. Sebagian masyarakat sekitar menggunakan air terjun yang bermuara ke Sungai Lematang ini sebagai persediaan air minum.

Pesona Keindahan Air Terjun Bidadari

Pemandangan sejuk nan alami sangat terasa dikala anda memandang Air terjun Bidadari. Kebersihan Kawasan sangat terjaga sehingga membuat anda semakin nyaman untuk menikmati keindahan air terjun sambil melepas lelah saat berlibur ke sana. Batu – batu koral besar dalam genangan air terjun terlihat sangat indah. Menjadi sebuah pemandangan yang dapat menyegarkan mata dan pikiran para pengunjungnya. Karena pesona yang dimilki, menjadikan objek wisata kabupaten Lahat ini sebagai Bidadari nya Sumatera Selatan.

Selain itu, sambil menikmati pesona alam Air Terjun Bidadari, anda juga bisa merasakan keindahan tiga air terjun lainnya yang ada di dekat sana. Air Terjun Sumbing, Air Terjun Naga serta Air Terjun Bujang Gadis yang juga merupakan tiga air terjun yang sama – sama bermuara ke Sungai Lematang dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Air Terjun Bidadari. Pemandangannya pun tak kalah indah dari Air Terjun Bidadari

Akses Menuju Air Terjun Bidadari

Letak objek wisata Air Terjun Bidadari sangat jauh dari kota Palembang. Tetapi akses untuk sampai ke lokasi tujuan sangat mudah. Anda bisa menggunakan jasa transportasi umum. Dari Bandara Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II ( SMB II ), anda bisa menggunakan jasa sewa mobil yang ada di bandara dengan kisaran 300 ribu sampai 400 ribu rupiah dari bandara menuju Terminal Karya Jaya yang ada di daerah Kertapati Kota Palembang dengan waktu tempuh 1 sampai 1,5 jam perjalanan.

Dari terminal Karya Jaya, anda dapat menggunakan travel atau bus antar kota rute Palembang – Lahat turun di desa Karang Dalam dengan harga tiket sekitar 120 sampai 135 ribu rupiah dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. Setelah sampai di Desa Karang Dalam, anda langsung menuju Lokasi Air Terjun Bidadari dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan berjalan kaki sambil menikmati perkebunan kopi di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar