Air Terjun Curup Maung : Wisata Alam Cantik yang Tersembunyi

Air Terjun Curup Maung : Wisata Alam Cantik yang Tersembunyi

Lahat merupakan salah satu kabupaten provinsi Sumatera Selatan yang menyimpan potensi wisata yang menakjubkan. Selain banyaknya peninggalan zaman megalitikum, Kabupaten Lahat juga memiliki beberapa kawasan wisata air terjun yang tidak kalah menarik dengan daerah lain.

Dan salah satunya adalah Air Terjun Maung yang lebih dikenal dengan nama Curup Maung yang terletak di Desa Rinduhati, Kabupaten Lahat dengan jarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Lahat atau 220 kilometer dari pusat Kota Palembang. Potensi wisata air terjun ini baru ditemukan oleh warga setempat pada awal tahun 2014 dan langsung menjadi bahan pembicaraan beberapa situs wisata domestik dan bahkan dunia.

Eksotika Air Terjun Maung Kabupaten Lahat

Air Terjun Maung sangat ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Pemandangan yang masih sangat hijau dan alami menjadi alasan para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Keindahan air terjun dengan ketinggian 80 meter dengan ukuran lebar yang sama dengan tingginya ini semakin menawan dengan kejernihan airnya. Para wisatawan dapat duduk bersantai di batu – batu besar yang ada di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan hijau pohon – pohon besar yang ada di sekitar air terjun.

Air  yang mengalir dari ketingggian 80 meter akan terbagi menjadi beberapa bagian yang melewati dinding jurang serta rumput hijau. Panorama ini semakin menambah keindahan dan membuat air terjun ini berbeda dari air terjun yang ada di daerah lain. Selain itu, ada juga dapat melihat pemandangan indah lainnya dari penampakan dua air terjun dari sebalah kanan Air Terjun Maung.

Wisata Air Terjun Bertingkat – Tingkat

Air Terjun Maung memang berbeda dari air terjun pada umumnya. Air terjun ini memiliki beberapa bagian yang menampilkan tampilan air yang mengalir secara bertingkat – tingkat. Belahan jurang yang dipisahkan dengan rerumputan hijau membentuk repilka gelombang semakin menambahkan keindahan objek wisata ini.

Air Terjun Dengan Tempat Pemandian Yang Luas

Mandi di bawah air terjun bisa menjadi impian semua orang. Itu lah yang dapat anda lakukan saat anda mengunjungi Air Terjun Maung yang ada di kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Bagian bawah air terjun ini sering dijadikan sebagian tempat mandi atau berenang bagi para wisatawan yang berkunjung. Tempatnya yang luas dengan air yang bersih dan jernih semakin membuat liburan anda semakin menyenangkan. Derasnya aliran air dengan hawa udara yang segar semakin membuat anda betah untuk menghabiskan liburan anda disana.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Maung.

Lokasi air terjun maung sangat terpencil. Anda akan melakukan perjalanan yang panjang untuk dapat menikmati keindahan objek wisata ini. Dari bandara internasional kota Palembang, anda tinggal mencari jasa travel dengan rute Palembang – Lahat dengan kisaran harga tiket antara 120 sampai 130 ribu rupiah dengan waktu tempuh 5 sampai 6 jam perjalanan. Perjalanan selanjutnya menuju Desa Padang Muaro Duo dari Kota Lahat dengan angkutan atau transportasi umum dengan waktu tempuh 1 jam. Dari Desa Padang Muaro Duo, anda masih harus berjalan kaki menuju Lokasi Air Terjun Maung. Sepanjang perjalanan, anda dapat menikmati keindahan alam yang akan membuat anda lupa akan rasa lelah. Anda dapat menikmati kawasan wisata ini tanpa harus membeli tiket masuk alias gratis. Tetapi anda akan dikenakan retribusi bagi anda yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Keberadaan Air Terjun Maung yang jauh dari pemukiman menjadikan kawasan wisata ini semakin di cari para wisatawan. Nuansa alam yang hijau dan alami serta keasrian udaranya, bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di kawasan wisata ini.

You Might Also Like:

Share this: