Skip to main content

follow us

Berjalan-jalan ke Pulau dewata Bali tak lengkap rasanya apabila tak mengunjungi Pura. Dan dari sekian banyak Pura di Bali, Pura Besakih merupakan salah satu Pura terbesar di Bali bahkan di Indonesia yang digunakan sebagai tempat persembahyangan bagi masyarakat Hindu.

Lokasi wisata Pura Agung Besakih Bali
 
Pura Besakih atau yang juga di kenal sebutan Pura Agung Besakih ini terletak di kaki gunung agung Desa Besakih, Kecamatan Rendang, kabupaten karangasem, Bali dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Waktu tempuh dari bandara Ngurah Rai atau daerah Kuta ke Pura Besakih ini hanya memakan waktu kurang lebih 2 jam saja. Jadi jika Anda sedang berada di Kuta, sangat sayang bila tak menyempatkan mampir di sini.

Gunung Agung yang menjadi tempat berdirinya Pura Besakih ini, merupakan gunung tertinggi di Bali dan dipercaya sebagai tempat pemerintahan alam arwah, alam para dewata yang diutus Tuhan untuk menjaga wilayah Bali dan sekitarnya.

Lereng barat Gunung Agung yang dijadikan tempat suci bagi umat Hindu di Bali memberikan makna filosofi Pura Besakih dalam unsur – unsur kebudayaan masyarakat Bali seperti diantaranya :

1. Peralatan Hidup dan Teknologi
2. Organisasi kemasyarakatan
3. Mata Pencaharian Hidup
4. Sistem Pengetahuan
5. Kesenian
6. Bahasa
7. Upacara dan Religi

Ketujuh unsur budaya Hindu tersebut telah diterapkan dalam wujud budaya ide, wujud budaya material dan wujud budaya aktivitas yang sudah ada sejak masa pra-Hindu yang dikembangkan melalui tahap mitis, tahap fungsional serta tahap ontologi.

Asal usul Nama Pura Besakih

Nama Bekasih pada Pura terbesar di Indonesia ini diberikan oleh Empu Baradah Purahita dari kerajaan Erlangga. Bekasih diambil dari kata Basuki yang berati Naga. Sejak tahun 1995, Pura Bekasih masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pura Bekasih memliki satu pura pusat yang dikenal dengan sebutan Pura Penataran Agung Bekasih yang dikelilingi dengan depalan belas Pura Pendamping, satu pura dikenal dengan nama Pura Basukian dan 17 pura lainnya. Selain itu, disekitar Pura Penataran Agung Agung memiliki Padma Tiga sebagai Tahta Sang Hyang Tri-Purusa yang terdiri dari Siwa, Sada Siwa serta Perama Siwa. Pura Bekasih memiliki struktur bangunan yang beundak – undak yang merupakan kelanjutan tradisi peninggalan zaman megalitikum sebelum agama Hindu masuk ke Indonesia. Bukti Peninggalan menhir, arca yang dikembangkan menjadi meru, pelingggih dan gedong merupakan hasil dari kebudayaan masyarakat Hindu.

Pura Bekasih merupakan tempat pengekspresian dari kepercayaan Tri Hita Karana yang diartikan sebagai 3 penyebab kebahagian melalui hubungan antara manusia sama tuhan, hubungan antara manusia dengan alam serta hubungan manusia dengan sesamanya. Pura Bekasih sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat Hindu serta wisawatan domestik maupun manca negara pada hari besar agama Hindu seperti Galungan, Tilem, Punama dan Sirawatri. Pada hari – hari besar tersebut, nuansa wisata religi akan semakin terasa.

Di bagian pelataran Pura Bekasih, Banyak warung – warung kecil yang menyediakan kuliner khas Bali. Harga murah dengan rasa yang istimewa. Itu lah komentar yang selalu diberikan oleh pengunjung yang datang kesana. Selain itu, berburu souvenir khas Bali yang sangat bervariasi dan unik dapat Anda lakukan di jalan setapak yang menuju ke arah Pelataran Pura Bekasih.

Candi – Candi yang ada disekitar Pura Bekasih menambah nuansa wisata religi pada pura ini. Ada beberapa aturan bagi wisawatan atau pengunjung yang ingin masuk ke Pura Bekasih. Bagi wisawatan yang Non Hindu, diwajibkan untuk membawa kamen ( sarung ) dan selendang serta diwajibkan untuk memakai Udeng yang mirip ikat kepala yang digunakan oleh masyarakat Hindu di Bali.

Keindahan candi yang ada disekitar Pura Bekasih menjadi daya tarik yang tinggi bagi wisatawan domestik maupun luar negeri. Bagi Anda yang mencari wisata yang mampu menawarkan suasana tenang dengan nuansa religi, Pura Bekasih bisa menjadi solusi. Nah, Anda tertarik untuk ke sana ?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar