Skip to main content

follow us

Mungkin banyak yang mengira Pulau Kanawa ini dianggap sama dengan Pulau Kenawa. Namun jangan sampai anda keliru ya, Pulau Kanawa berada di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Pulau Kenawa berada di sekitar Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Meskipun begitu, keindahan  Pulau Kanawa tidak jauh berbeda dengan Pulau Kenawa.

Pulau Kanawa sendiri masih tergabung dalam satu wilayah yang sama dengan Taman Nasional Komodo. Memiliki luas sekitar 32 hektar dengan perpaduan pasir dan air lautnya yang sangat jernih. Dan inilah salah satu hal yang  menjadi daya tarik dari pulau ini.

Nah, bagi anda yang ingin berlibur ke Flores, tak ada salahnya jika memasukkan destinasi wisata ini dalam list tujuan wisata anda. Pasti dijamin deh tidak akan menyesal.

Lokasi Pulau Kanawa
 
Pulau Kanawa sendiri merupakan salah satu pulau yang berada di daerah Flores. Letaknya 15 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pulau Kanawa sendiri masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Akses menuju Pulau Kanawa

Anda tidak perlu susah-susah menuju ke Pulau Kanawa ini. Hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit perjalanan dari Labuan Bajo dan dapat ditempuh dengan perahu cepat atau speed boat. Untuk harga sewa kapal sekali jalan yaitu sebesar Rp. 250.000. Sedangkan untuk sewa speed boat sendiri sekitar Rp. 60.000 per orang nya.

Jika anda ingin gratis, pengelola resort di Pulau Kanawa menyediakan fasilitas shuttle boat bagi anda yang ingin mengunjungi Pulau Kanawa. Namun shuttle boat sendiri mempunyai waktu-waktu yang sudah ditentukan yaitu pada pukul 12.00 WIT untuk berangkat dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa dan  pada pukul 08.00 WIT dari Pulau Kanawa ke Labuan Bajo.

Keistimewaan Pulau Kanawa
 
Begitu sampai di pulau ini anda akan menikmati pemandangan laut yang dihiasi beragam jenis ikan. Bahkan anda dapat melihat beberapa ikan hiu kecil di sekitar dermaga. Selain itu anda dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling. Air lautnya yang sangat jernih akan memudahkan bagi anda yang ingin menikmati pemandangan bawah laut. Di Pulau Kanawa sendiri terdapat Diving Center yang menyewakan perlengkapan menyelam untuk wisatawan. Harga sewanya pun sangat murah yaitu Rp. 50.000 per harinya.

Selain itu, pada sore hari air di sekitar Pulau Kanawa akan surut sehingga wisatawan dapat melihat biota biota laut seperti bintang laut dan kepiting-kepiting kecil tanpa perlu menyelam.

Fasilitas yang disediakan
 
Selain menawarkan penyewaan alat-alat diving, bagi anda yang ingin menginap di Pulau Kanawa terdapat cottage yang dapat anda sewa. Meskipun sangat sederhana, namun menawarkan suasana yang tenang dan nyaman. Harga sewanya pun mulai dari Rp.300.000 semalam. Jika anda ingin mencari yang lebih murah, anda dapat menyewa penginapan lain berupa tenda home.

Fasilitas tenda home yang diberikan cukup lengkap dari matras, bantal, dan selimut. Anda juga dapat serasa menikmati camping di sebuah pulau. Apalagi jika malam ketika listrik sudah dipadamkan, anda akan disuguhi oleh langit yang bertabur banyak bintang.

Pulau Kanawa sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin melepas penat dari suasana perkotaan. Sekedar saran, untuk penginapan booking 1-2 bulan sebelum jadwal kedatangan, karena banyaknya wisatawan yang berlibur disini. Nah apabila anda tertarik, anda dapat merencanakan agenda liburan anda mulai dari sekarang.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar