Skip to main content

follow us

Kawasan wisata Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah salah satu tujuan favorit dunia yang menyajikan pengalaman wisata laut yang sangat mengagumkan. Kawasan ini memberikan Anda pemandangan pantai yang menawan, keindahan alam bawah laut yang mempesona serta jauh dari kebisingan.

Lokasi Wisata
 
Objek wisata Gili Trawangan terletak di arah Barat Laut Pulau Lombok, NTB. Sebenarnya Gili Trawangan adalah sebuah pulau kecil dengan panjang 2 km dan memiliki lebar sejauh 1,5 km. Hanya diperlukan dua jam saja bila anda ingin mengelilingi Pulau ini dengan berjalan kaki.

Rona pantai di kawasan ini tidak jauh berbeda dengan pantai di Lombok lainnya. Pantai di Gili Trawangan memiliki hamparan pasir putih bersih serta pemandangan yang indah. Air lautnya jernih dan dihidupi oleh banyak biota laut. Dari tepi pantai, Anda dapat menikmati megahnya Gunung Rinjani dan Gunung Agung dari kejauhan sembari bersantai.

Snorkling dan Diving

Selain pasirnya yang putih bersih, pantai ini juga menawarkan wisata bawah lautnya. Sangat disayangkan bila Anda tidak melakukan kegiatan snorkling dan diving di kawasan wisata Gili Trawangan ini. Tidak perlu khawatir jika Anda belum pernah memiliki pengalaman untuk snorkling atau diving sebelumnya karena terdapat layanan diving berlisensi internasional yang berkantor di sana. Dengan begitu, sangat mudah sekali mencari pemandu dan peralatan diving yang diperlukan.

Banyak spot penyelaman yang terkenal di Gili Trawangan. Masing-masing spot memiliki ciri khasnya sendiri. Beberapa spot yang populer di antaranya adalah Halik Reef, Jack Point, SharkPoint, CoralFanGardern, Bounty Reef, Trawangan Slope, Simon Reef, dan Turbo.

Biasanya, setiap operator diving di sana memiliki spot-spot unggulan dengan beragam tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan menyelam yang Anda miliki. Jika Anda tidak mau untuk menyelam, Anda masih dapat memilih untuk snorkling untuk menikmati indahnya biota laut Gili Trawangan.

Ketika menyelam, Anda akan menyaksikan keindahan alam bawah laut Gili Trawangan yang mempesona. Salah satunya Anda bisa bertemu dengan penyu hijau di sana. Satwa langka ini dapat dijumpai pada kedalaman 10-20 meter di bawah permukaan laut.

Sunset Gili Trawangan adalah yang Terbaik
 
Salah satu yang sangat disukai oleh banyak kalangan penikmat perjalanan adalah pesona sunset di Gili Trawangan. Anda dapat menikmati sunset di sini pada sebuah lokasi yang bernama Sunset View di sebelah barat pulau. Spot ini dikatakan sebagai tempat yang akan menyuguhkan pemandangan sunset paling indah.

Untuk dapat sampai di sana Anda bisa pergi dengan berjalan kaki, bersepeda, atau naik delman. Di sana Anda akan menemui banyaknya wisatawan yang berkumpul. Spot ini memang digemari sebagai tempat untuk bersantaidan bercengkrama sambil menikmati indahnya cahaya senja. Banyaknya penjual makanan di sana akan melengkapi suasana santai sore hari Anda.

Konservasi Kura-Kura
 
Bagi Anda pecinta binatang, Gili Trawangan juga menyediakan kawasan konservasi untuk kura-kura. Terdapat anak kura-kura, yang nantinya akan dilepaskan ke lautan agar dapat berkembang biak secara bebas. Biasanya dalam pelepasan satwa ini ke laut akan diselenggarakan semacam upacara adat.

Pertunjukan Preserean khas Suku Sasak
 
Ada sebuah seni beladiri tradisional yang dilakukan masyarakat suku Sasak di NTB yang bisa Anda saksikan. Namanya adalah Presean. Anda dapat menyaksikan kesenian ini di sekitar Pasar Seni. Kegiatan ini biasanya dimeriahkan dengan iringan musik tradisional Lombok yang disebut beleganjur dan juga suara komentator melalui pengeras suara. Kesenian ini termasuk beladiri yang ekstrim karena pemainnya melakukan pertarungan hingga ada yang terluka.

Dengan berbagai keindahan alam yang ditawarkan Gili Trawangan, pastikan untuk memasukan tempat ini sebagai list destinasi liburan Anda. Selamat berlibur dan menikmati pesona indah alam Lombok.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar