Skip to main content

follow us

Danau Weekuri merupakan salah satu destinasi wisata pilihan yang berada di Sumba Barat. Danau ini berlokasi di Desa Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Tidak seperti danau pada umumnya, Danau Weekuri memiliki air yang asin karena lokasinya yang bersebalahan dengan laut.

Pemandangan atas danau nya pun juga menjadi daya tarik tersendiri. Suasananya pun jauh dari kata ramai. Wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur dan melepas kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Danau Weekuri, berikut beberapa informasi mengenai wisata Danau weekuri ini.

Pesona Danau Weekuri
 
Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba yaitu wee yang artinya air dan kuri yang memiliki arti percikan. Sehingga Weekuri sendiri memiliki arti air yang berasal dari percikan karang yang menerobos daratan kemudian membentuk sebuah danau.

Danau Weekuri berbeda dari danau-danau pada umumnya. Danau Weekuri memiliki air payau (asin) hal ini dikarenakan lokasi danau terletak tepat disamping laut dan hanya  dibentengi dengan gugusan tebing karang. Sehingga air laut dapat masuk melalui celah-celah kecil pada karang dan menyebabkan air danau menjadi asin. Bahkan kandungan garam dalam air danau tersebut dapat membuat anda yang berenang didalamnya mengapung. Selain itu, perpaduan air keduanya menyebabkan terjadinya kombinasi air hangat dan dingin di beberapa bagian Danau Weekuri.

Karena fenomena alam tersebut, secara tidak langsung anda akan disuguhkan dua pemandangan sekaligus, yaitu danau dan laut. Air Danau Weekuri sendiri sangat jernih dan berwarna biru kehijauan. Karena air nya yang sangat jernih, anda dapat melihat dengan jelas pasir yang berada di dasar danau. Danau Weekuri tidak terlalu dalam sehingga anda dapat berenang di danau dengan aman.

Akses Menuju Danau Weekuri
 
Untuk menuju Danau Weekuri memang tidak tersedia angkutan umum dan sejenisnya. Anda dapat menyewa kendaraan seperti mobil sebagai transportasi menuju Danau Weekuri. Jalan yang dilalui sebagian ada yang sudah beraspal dan sebagian lagi masih berupa tanah kerikil. Pertama kali anda harus menuju Tambaloka terlebih dahulu. Danau Weekuri berada 60 km dari pusat kota Tambaloka, setelah itu anda dapat menempuhnya kurang lebih dua jam perjalanan.

Tidak ada papan penunjuk yang dapat dijadikan acuan selama perjalanan. Selain itu anda akan melewati areal hutan dengan semak belukar di sepanjang kanan dan kiri jalan. Sehingga anda harus rajin bertanya kepada penduduk sekitar agar anda  sampai di lokasi yang tepat. Ketika anda sudah memasuki kawasan Danau Weekuri akan ada pos jaga sebagai penanda. Kemudia anda diharuskan berjalan kaki sekitar 25 meter menuju danau.

Fasilitas Danau Weekuri
 
Untuk saat ini, fasilitas di Danau Weekuri bisa di bilang memang masih sangat terbatas. Tidak ada tempat makan bahkan penginapan di sekitar area wisata. Hanya terdapat beberapa penjual asongan saja. Sehingga bagi anda yang akan berkunjung lebih baik untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah masing-masing. Dan apabila anda memang ingin menginap, anda dapat menginap di daerah pusat kota Tambolaka.

Namun tentunya hal ini tidak berlangsung selamanya. Karena tentunya seiring bertambahnya jumlah pengunjung Danau Weekuri, fasilitas-fasilitas penunjang wisata pasti akan di bangun dan di perbanyak guna memudahkan pengunjung, dan agar menarik lebih banyak lagi pengunjung untuk datang ke tempat wisata ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar